Perbedaan Blog, Vlog dan Podcast
Daftar Isi [Tampil]
Kreator konten (content creator) kini punya tiga pilihan dalam berbagi pengalaman dan pengetahuan: Blogging, Vlogging, dan Podcasting.
Blogging adalah membuat blog dan mengisinya dengan konten utama tulisan (teks). Vlogging adalah blogging dengan konten utama video, termasuk Youtuber.
Podcasting, yang kini lagi ngetren, adalah blogging dengan konten utama audio (suara), baik berupa monolog, dialog (talkshow, obrolan), maupun musik/lagu.
Blogging adalah membuat blog dan mengisinya dengan konten utama tulisan (teks). Vlogging adalah blogging dengan konten utama video, termasuk Youtuber.
Podcasting, yang kini lagi ngetren, adalah blogging dengan konten utama audio (suara), baik berupa monolog, dialog (talkshow, obrolan), maupun musik/lagu.
Tidak usah bingung memilihnya. Lakukan saja ketiganya. Anda membuat blog sekaligus vlog dan podcast. Blogging, Vlogging, dan Podcasting dapat saling melengkapi.
Memiliki blog yang aktif dan berkualitas tinggi adalah kunci untuk membangun kesadaran dan menumbuhkan bisnis yang sukses.
Tetapi bagaimana jika Anda tidak suka menulis postingan blog dan lebih memilih membuat podcast? Atau mungkin Anda ingin mencoba vlogging, mengingat Cisco mengungkapkan bahwa video akan menyumbang 82% dari semua lalu lintas internet pada tahun 2021?
Blogging, vlogging, dan podcasting adalah teknik pemasaran yang efektif, dan sebagai bisnis yang ingin menarik lebih banyak pelanggan, Anda tidak dapat mengabaikan daya tarik mereka. Tapi mana yang harus Anda pilih?
Mari kita lihat pro (kelebihan) dan kontra (kekurangan) masing-masing, sehingga Anda dapat memutuskan mana yang terbaik untuk digunakan untuk mempromosikan bisnis kecil Anda.
Blogging
Blogging
Jika Anda tidak sedang ngeblog, Anda kehilangan banyak peluang untuk ditemukan online oleh prospek dan untuk membangun otoritas dan reputasi merek Anda untuk keahlian.Tetapi meskipun membuat dan menjalankan blog itu mudah, dan meskipun ada banyak manfaat dari blog untuk bisnis, ada juga beberapa kerugian yang perlu dipertimbangkan.
Kelebihan Blogging
Menyiapkan blog itu mudah. Siapa pun dapat membuat blog dan mengisinya dengan konten yang informatif dan menghibur.Anda tidak memerlukan peralatan khusus, karena platform seperti Blogger dan WordPres Joomla membuat blog Anda aktif dan berjalan dengan mudah.
Anda juga tidak memerlukan keahlian khusus karena, meskipun Anda mungkin tidak pandai menulis pada awalnya, jika Anda terus melakukannya Anda akan menjadi lebih baik.
Idenya adalah untuk fokus pada audiens Anda dan berbagi informasi yang relevan dan menarik bagi mereka.
Blog yang bagus dapat membuat bisnis Anda ditemukan di hasil mesin pencari. Google menyukai blog aktif dengan konten yang ditulis dengan baik dan dioptimalkan dengan baik, sehingga mereka menghadiahinya dengan peringkat tinggi di halaman hasil mesin pencari.
Ini berarti visibilitas yang lebih tinggi untuk bisnis Anda di hasil penelusuran yang dapat membantu pelanggan baru menemukan Anda secara online.
Misalnya, jika Anda membuat entri blog dengan frasa kata kunci seperti "cara memperbaiki pipa ledeng" atau "jenis asuransi jiwa apa yang harus saya beli", pengguna yang melakukan penelusuran di Google untuk frasa kata kunci tersebut dapat menemukan entri blog Anda . Begitulah cara mereka diperkenalkan ke bisnis Anda.
Blog sangat penting untuk membangun otoritas merek (brand authority) dan reputasi keahlian Anda.
Memberi informasi dan mendidik audiens Anda melalui konten blog dapat memiliki kekuatan lebih dibandingkan dengan vlogging yang, meskipun popularitasnya semakin meningkat, seringkali masih dianggap memiliki lebih banyak hiburan daripada nilai edukatif oleh beberapa orang.
Blog memberikan kendali kepada pembaca atas pengalaman konten mereka. Banyak orang menderita rentang perhatian yang pendek.
Dengan konten blog, mereka dapat membaca sepintas artikel, menggulir ke bawah untuk melihat apa yang relevan untuk mereka, membaca ulang bagian, menyimpan kutipan, dan sebagainya.
Ini bukanlah sesuatu yang benar-benar dapat mereka lakukan dengan blog video. Tentu, pengguna dapat mempercepat, tetapi mereka tidak akan tahu bagian vlog mana yang akan relevan bagi mereka.
Mereka dapat melewatkan informasi penting saat meneruskan cepat, sedangkan saat membaca entri blog, informasi utama biasanya ada di subjudul, poin-poin penting, atau disorot dengan huruf tebal, biru, atau bergaris bawah.
Kekurangan Blogging
Menulis itu tidak mudah. Hambatan dalam menulis konten blog adalah tulisan yang sebenarnya.Banyak orang menganggapnya sebagai tugas yang memicu kecemasan. Jadi, jika Anda tidak berpengalaman atau tidak suka menulis, ngeblog tidak akan menyenangkan.
Blog membutuhkan waktu. Butuh waktu untuk menyusun artikel yang informatif dan menarik, memutuskan topik mana yang akan ditulis, melakukan penelitian, menemukan sudut pandang yang unik, dan benar-benar menulis isinya.
Ini bukan hanya sekali. Untuk menumbuhkan blog yang sukses sehingga pembaca akan kembali lagi dan lagi, Anda harus konsisten agar dapat membangun pembaca yang setia.
Jika Anda ingin mencoba ngeblog, atau jika Anda sudah memiliki blog tetapi ingin memanfaatkannya lebih banyak, pastikan untuk memeriksa panduan pemula kami tentang ngeblog untuk bisnis.
Vlogging
Vlogging mengacu pada blog video atau ngeblog dengan konten video. Jadi, ini hanyalah blog dalam bentuk video.
Meskipun masih relatif baru di dunia digital, vlog dengan cepat menjadi cara populer bagi bisnis untuk mendidik dan menghibur pengguna secara online.
Pengguna menikmatinya. Faktanya, sebuah studi oleh GlobalWebIndex mengungkapkan, 44% pengguna internet global menonton vlog setiap bulan.
Tetapi apakah Anda harus menggunakannya hanya karena populer? Mari kita lihat kelebihan dan kekurangan dari vlogging sehingga Anda dapat memutuskan apakah perlu menginvestasikan waktu dan sumber daya Anda.
Pastikan untuk memanfaatkan banyak cara Anda dapat menggunakan vlogging, termasuk animasi, gambar, dan lainnya.
Berikut ini contoh sederhananya:
Vlog berpotensi menjadi viral dengan cara yang tidak dimiliki blog. Itu menjelaskan mengapa YouTube adalah jejaring sosial terpopuler kedua di dunia.
Jejaring sosial lainnya juga mendorong penggunaan konten video dengan fitur baru, seperti Periscope Twitter, video, dan Instagram Story 60 detik, serta video 360 dan live video Facebook.
Namun, membuat vlog adalah langkah yang tepat, jika Anda ingin dibagikan di media sosial, Anda harus membuat vlog Anda menyenangkan dan menghibur karena itulah yang membuat 76% pengguna membagikannya.
Misalnya, mana yang menurut Anda lebih menyenangkan dan akan lebih banyak dibagikan: postingan blog yang panjang atau vlog tentang cara menata lemari Anda?
Mungkin vlog, terutama jika informasinya disajikan dengan cara yang menarik.
Tentu saja, Anda dapat mencoba bereksperimen dengan blog dan vlog, dan melihat mana yang mendapatkan hasil yang lebih baik.
Vlog dapat membantu mengubah topik yang membosankan menjadi sesuatu yang jauh lebih menarik dan menarik.
Menulis tutorial tentang cara memilih warna cat mungkin terkesan membosankan, meskipun Anda menyertakan gambar.
Tetapi ketika Anda membuat vlog berdurasi dua menit seperti di bawah ini, Anda dapat mengubahnya menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi Anda dan audiens Anda.
Jadi, apakah itu postingan blog lama yang tidak populer, atau topik baru yang mungkin tidak mendapatkan banyak interaksi jika ditulis sebagai artikel, cobalah mengubahnya menjadi vlog. Ini berpotensi untuk membuatnya lebih menarik, yang juga dapat menghasilkan lebih banyak berbagi dan komentar.
Vlog juga bagus digunakan saat Anda meluncurkan produk atau layanan baru. Anda dapat membuat vlog pendek tempat Anda dapat membicarakannya dan menunjukkan dengan tepat cara kerjanya.
Perlu menjelaskan konsep yang sulit? Coba gunakan animasi di vlog Anda agar lebih mudah dipahami!
Vlog membangun kepercayaan. Dan kepercayaan adalah fondasi penjualan. Beberapa orang skeptis tentang membeli produk dan layanan secara online dari bisnis yang tidak mereka kenal. Mereka takut ditipu.
Tetapi dengan vlog, Anda memiliki kesempatan untuk memberi mereka kepercayaan diri untuk membeli dari Anda dengan:
Menunjukkan wajah Anda sehingga mereka tahu Anda ada.
Mempresentasikan bisnis dan produk Anda dalam bentuk percakapan, yang membantu menciptakan rasa pendekatan individual.
Jadi, jika target audiens Anda berusia 16-34 tahun, Anda mungkin ingin bergabung dan mulai menggunakan vlog untuk mempromosikan bisnis kecil Anda.
Efektivitasnya juga bergantung pada bisnis Anda dan apa yang Anda jual. Misalnya, vlog dipuji di industri kosmetik sebagai taktik pemasaran terkuat yang tersedia saat ini. Merek make-up dan fashion juga sukses besar dengan vlogging.
Sekarang, semua statistik dan studi ini menunjukkan jenis bisnis vlogging mana yang paling berhasil.
Namun, itu tidak berarti bahwa jika Anda tidak menjual kosmetik atau jika target audiens Anda adalah 34+ vlog tidak akan berhasil untuk Anda. Satu-satunya cara untuk mengetahuinya adalah dengan mencobanya.
Google tidak dapat menonton vlog. Dengan kata lain, ia tidak dapat memahami apa yang ada di video Anda, dan menggunakannya untuk memberi peringkat pada kata kunci yang tepat.
Meskipun Anda dapat mengoptimalkan konten vlog dengan kata kunci dalam judul dan deskripsi, peluangnya terbatas jika dibandingkan dengan blog kuno yang bagus.
Jadi, jika Anda ingin prospek menemukan bisnis Anda di hasil mesin telusur, Anda tidak boleh berhenti ngeblog.
Sebagai solusinya, Anda dapat mengintegrasikan vlog ke dalam postingan blog Anda.
Misalnya, jika Anda meluncurkan produk baru, Anda dapat menulis postingan blog tentang produk tersebut dan juga menambahkan vlog tempat Anda menunjukkan tampilan produk tersebut dan cara menggunakannya.
Dengan cara ini Anda dapat mengoptimalkan konten untuk memasukkan kata kunci yang relevan tersebut dan, pada saat yang sama, memberi pengguna opsi untuk menonton vlog dan melihat produk Anda beraksi.
Ini lebih memakan waktu daripada menulis entri blog. Selain produksi vlog itu sendiri, Anda juga perlu mengeditnya.
Memotong, menambahkan, menyempurnakan suara, dan sebagainya dapat memakan waktu cukup lama (lebih banyak jika Anda seorang pemula dan tidak memiliki keahlian teknis apa pun).
Namun, kabar baiknya adalah vlog Anda tidak harus sempurna. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa pengguna lebih menunda oleh video yang tidak menjelaskan produk atau layanan dengan cukup jelas daripada kualitas rendah atau desain video yang buruk.
Kerugian terakhir dari vlog berkaitan dengan formatnya. Jika Anda tidak percaya diri, Anda mungkin kesulitan berbicara di depan kamera. Namun, Anda dapat meminta orang lain di tim Anda untuk membuat vlog untuk Anda dan menjadi wajah bisnis Anda.
Jika Anda tidak terbiasa dengan konsep podcasting, ini adalah rilis audio berkala (sekarang juga tersedia sebagai video) yang menampilkan satu atau beberapa orang membicarakan topik tertentu.
Ada banyak bisnis yang menggunakan podcast untuk menjangkau pelanggan. Itu karena mereka menyadari betapa hebatnya mereka, mengingat 89 juta orang mendengarkan podcast pada tahun 2015, hampir dua kali lipat jumlah dari tahun 2008, menurut Pew Research Center.
Seperti halnya blogging dan vlogging, podcasting juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Mari kita lihat yang paling penting.
Anda dapat mulai podcasting hari ini hanya dengan ponsel cerdas Anda dan kurang dari £100.
Anda bisa mendapatkan perhatian penuh dari audiens Anda. Manfaat besar memiliki podcast adalah pendengar Anda dapat mengunduh dan mendengarkannya pada waktu yang sesuai bagi mereka.
Ini mungkin saat mereka sedang mengemudi, berolahraga, di kereta atau pesawat, atau di mana pun mereka ingin menghabiskan waktu.
Ada dua keuntungan yang ditawarkan:
Anda memiliki audiens yang tertahan dan sedikit gangguan.
Anda memasuki kehidupan orang dengan cara mereka sendiri, yang membuat Anda menjadi tamu yang lebih diterima sehingga mereka akan lebih terbuka terhadap apa yang Anda katakan.
Tidak ada pesan yang bersaing. Tidak seperti video di YouTube atau Facebook, atau bahkan blog industri di mana iklan dari pesaing dapat muncul saat membaca artikel, ketika orang mendengarkan podcast Anda, mereka hanya akan mendengar pesan Anda.
Jadi, saat mereka menonton acara Anda, Anda tahu mereka hanya mendengarkan Anda!
Sangat mudah untuk mengukur kesuksesan podcast Anda. Tidak seperti blog dan vlog, dengan podcast yang perlu Anda lakukan hanyalah melacak jumlah unduhan setiap episode serta jumlah pelanggan podcast Anda. Ini bagus karena Anda bisa langsung melihat dampak dari usaha Anda.
Salah satu cara untuk melakukannya adalah melalui blog dan saluran media sosial Anda.
Cara lain untuk mempromosikannya adalah dengan tampil sebagai tamu di podcast orang lain. Sama seperti blog tamu, Anda perlu memastikan bahwa podcast itu memiliki reputasi dan relevan untuk bisnis Anda.
Anda harus mematuhi jadwal. Anda tahu saat Anda menonton episode dari serial TV hebat dan kemudian Anda terus memeriksa untuk melihat apakah episode baru telah ditambahkan?
Dua minggu berlalu dan tidak ada apa-apa. Dan kemudian Anda berhenti memeriksa dan melupakannya begitu saja.
Sama halnya dengan podcast. Pendengar Anda mengharapkan podcast baru setiap minggu atau secara berkala.
Anda tidak akan memiliki kesempatan untuk mengembangkan dan mempertahankan penonton jika Anda tidak menyampaikannya.
Ini bisa sulit untuk bisnis kecil dengan waktu dan sumber daya terbatas karena bisa memakan waktu berjam-jam untuk meneliti, mendaftar, dan merilis podcast.
Selain itu, waktu yang diperlukan untuk mempromosikannya di blog Anda dan berbagai jaringan sosial yang Anda buka.
Anda membutuhkan peralatan. Untuk menghasilkan podcast berkualitas, Anda memerlukan mikrofon serta perangkat lunak pengedit audio (dan keahlian untuk menggunakannya).
Anda dapat mempelajari cara melakukannya sendiri, atau Anda dapat melakukan outsourcing pengeditan ke freelancer atau perusahaan pengedit audio, tergantung pada kebutuhan dan anggaran Anda.
Mereka semua kuat. Semuanya berharga. Masing-masing memiliki peran uniknya sendiri.Tetapi jika waktu dan sumber daya Anda terbatas dan Anda perlu memilih satu atau dua, pilih salah satu yang paling masuk akal untuk bisnis kecil Anda, berdasarkan metrik, demografi pasar, dan apa yang Anda jual.
Meskipun masih relatif baru di dunia digital, vlog dengan cepat menjadi cara populer bagi bisnis untuk mendidik dan menghibur pengguna secara online.
Pengguna menikmatinya. Faktanya, sebuah studi oleh GlobalWebIndex mengungkapkan, 44% pengguna internet global menonton vlog setiap bulan.
Tetapi apakah Anda harus menggunakannya hanya karena populer? Mari kita lihat kelebihan dan kekurangan dari vlogging sehingga Anda dapat memutuskan apakah perlu menginvestasikan waktu dan sumber daya Anda.
Kelebihan Vlogging
Vlogging dapat membedakan Anda dari yang lain. Meskipun video dengan cepat menjadi norma, vlogging untuk bisnis masih dalam tahap awal, yang berarti banyak pesaing Anda mungkin tidak menggunakannya. Jadi ini adalah kesempatan Anda untuk menonjol dari yang lain.Pastikan untuk memanfaatkan banyak cara Anda dapat menggunakan vlogging, termasuk animasi, gambar, dan lainnya.
Berikut ini contoh sederhananya:
Vlog berpotensi menjadi viral dengan cara yang tidak dimiliki blog. Itu menjelaskan mengapa YouTube adalah jejaring sosial terpopuler kedua di dunia.
Jejaring sosial lainnya juga mendorong penggunaan konten video dengan fitur baru, seperti Periscope Twitter, video, dan Instagram Story 60 detik, serta video 360 dan live video Facebook.
Namun, membuat vlog adalah langkah yang tepat, jika Anda ingin dibagikan di media sosial, Anda harus membuat vlog Anda menyenangkan dan menghibur karena itulah yang membuat 76% pengguna membagikannya.
Misalnya, mana yang menurut Anda lebih menyenangkan dan akan lebih banyak dibagikan: postingan blog yang panjang atau vlog tentang cara menata lemari Anda?
Mungkin vlog, terutama jika informasinya disajikan dengan cara yang menarik.
Tentu saja, Anda dapat mencoba bereksperimen dengan blog dan vlog, dan melihat mana yang mendapatkan hasil yang lebih baik.
Vlog dapat membantu mengubah topik yang membosankan menjadi sesuatu yang jauh lebih menarik dan menarik.
Menulis tutorial tentang cara memilih warna cat mungkin terkesan membosankan, meskipun Anda menyertakan gambar.
Tetapi ketika Anda membuat vlog berdurasi dua menit seperti di bawah ini, Anda dapat mengubahnya menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi Anda dan audiens Anda.
Jadi, apakah itu postingan blog lama yang tidak populer, atau topik baru yang mungkin tidak mendapatkan banyak interaksi jika ditulis sebagai artikel, cobalah mengubahnya menjadi vlog. Ini berpotensi untuk membuatnya lebih menarik, yang juga dapat menghasilkan lebih banyak berbagi dan komentar.
Vlog juga bagus digunakan saat Anda meluncurkan produk atau layanan baru. Anda dapat membuat vlog pendek tempat Anda dapat membicarakannya dan menunjukkan dengan tepat cara kerjanya.
Perlu menjelaskan konsep yang sulit? Coba gunakan animasi di vlog Anda agar lebih mudah dipahami!
Vlog membangun kepercayaan. Dan kepercayaan adalah fondasi penjualan. Beberapa orang skeptis tentang membeli produk dan layanan secara online dari bisnis yang tidak mereka kenal. Mereka takut ditipu.
Tetapi dengan vlog, Anda memiliki kesempatan untuk memberi mereka kepercayaan diri untuk membeli dari Anda dengan:
Menunjukkan wajah Anda sehingga mereka tahu Anda ada.
Mempresentasikan bisnis dan produk Anda dalam bentuk percakapan, yang membantu menciptakan rasa pendekatan individual.
Kelemahan Vlogging
Vlogging tidak cocok untuk setiap bisnis. Menurut studi GlobalWebIndex, vlog disukai oleh audiens yang lebih muda.Jadi, jika target audiens Anda berusia 16-34 tahun, Anda mungkin ingin bergabung dan mulai menggunakan vlog untuk mempromosikan bisnis kecil Anda.
Efektivitasnya juga bergantung pada bisnis Anda dan apa yang Anda jual. Misalnya, vlog dipuji di industri kosmetik sebagai taktik pemasaran terkuat yang tersedia saat ini. Merek make-up dan fashion juga sukses besar dengan vlogging.
Sekarang, semua statistik dan studi ini menunjukkan jenis bisnis vlogging mana yang paling berhasil.
Namun, itu tidak berarti bahwa jika Anda tidak menjual kosmetik atau jika target audiens Anda adalah 34+ vlog tidak akan berhasil untuk Anda. Satu-satunya cara untuk mengetahuinya adalah dengan mencobanya.
Google tidak dapat menonton vlog. Dengan kata lain, ia tidak dapat memahami apa yang ada di video Anda, dan menggunakannya untuk memberi peringkat pada kata kunci yang tepat.
Meskipun Anda dapat mengoptimalkan konten vlog dengan kata kunci dalam judul dan deskripsi, peluangnya terbatas jika dibandingkan dengan blog kuno yang bagus.
Jadi, jika Anda ingin prospek menemukan bisnis Anda di hasil mesin telusur, Anda tidak boleh berhenti ngeblog.
Sebagai solusinya, Anda dapat mengintegrasikan vlog ke dalam postingan blog Anda.
Misalnya, jika Anda meluncurkan produk baru, Anda dapat menulis postingan blog tentang produk tersebut dan juga menambahkan vlog tempat Anda menunjukkan tampilan produk tersebut dan cara menggunakannya.
Dengan cara ini Anda dapat mengoptimalkan konten untuk memasukkan kata kunci yang relevan tersebut dan, pada saat yang sama, memberi pengguna opsi untuk menonton vlog dan melihat produk Anda beraksi.
Ini lebih memakan waktu daripada menulis entri blog. Selain produksi vlog itu sendiri, Anda juga perlu mengeditnya.
Memotong, menambahkan, menyempurnakan suara, dan sebagainya dapat memakan waktu cukup lama (lebih banyak jika Anda seorang pemula dan tidak memiliki keahlian teknis apa pun).
Namun, kabar baiknya adalah vlog Anda tidak harus sempurna. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa pengguna lebih menunda oleh video yang tidak menjelaskan produk atau layanan dengan cukup jelas daripada kualitas rendah atau desain video yang buruk.
Kerugian terakhir dari vlog berkaitan dengan formatnya. Jika Anda tidak percaya diri, Anda mungkin kesulitan berbicara di depan kamera. Namun, Anda dapat meminta orang lain di tim Anda untuk membuat vlog untuk Anda dan menjadi wajah bisnis Anda.
Podcasting
Podcasting adalah cara terbaik lainnya untuk mempromosikan bisnis Anda.Jika Anda tidak terbiasa dengan konsep podcasting, ini adalah rilis audio berkala (sekarang juga tersedia sebagai video) yang menampilkan satu atau beberapa orang membicarakan topik tertentu.
Ada banyak bisnis yang menggunakan podcast untuk menjangkau pelanggan. Itu karena mereka menyadari betapa hebatnya mereka, mengingat 89 juta orang mendengarkan podcast pada tahun 2015, hampir dua kali lipat jumlah dari tahun 2008, menurut Pew Research Center.
Seperti halnya blogging dan vlogging, podcasting juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Mari kita lihat yang paling penting.
Kelebihan Podcasting
Membuat podcast itu mudah dan terjangkau. Jika duduk di depan kamera membuat Anda merasa tidak nyaman, dengan podcasting Anda dapat bersantai dan hanya membicarakan tentang minat dan pengetahuan Anda.Anda dapat mulai podcasting hari ini hanya dengan ponsel cerdas Anda dan kurang dari £100.
Anda bisa mendapatkan perhatian penuh dari audiens Anda. Manfaat besar memiliki podcast adalah pendengar Anda dapat mengunduh dan mendengarkannya pada waktu yang sesuai bagi mereka.
Ini mungkin saat mereka sedang mengemudi, berolahraga, di kereta atau pesawat, atau di mana pun mereka ingin menghabiskan waktu.
Ada dua keuntungan yang ditawarkan:
Anda memiliki audiens yang tertahan dan sedikit gangguan.
Anda memasuki kehidupan orang dengan cara mereka sendiri, yang membuat Anda menjadi tamu yang lebih diterima sehingga mereka akan lebih terbuka terhadap apa yang Anda katakan.
Tidak ada pesan yang bersaing. Tidak seperti video di YouTube atau Facebook, atau bahkan blog industri di mana iklan dari pesaing dapat muncul saat membaca artikel, ketika orang mendengarkan podcast Anda, mereka hanya akan mendengar pesan Anda.
Jadi, saat mereka menonton acara Anda, Anda tahu mereka hanya mendengarkan Anda!
Sangat mudah untuk mengukur kesuksesan podcast Anda. Tidak seperti blog dan vlog, dengan podcast yang perlu Anda lakukan hanyalah melacak jumlah unduhan setiap episode serta jumlah pelanggan podcast Anda. Ini bagus karena Anda bisa langsung melihat dampak dari usaha Anda.
Kekurangan Podcasting
Tidak mudah membangun penonton. Tentu, ada orang yang mencari podcast tetapi paling sering Anda perlu mempromosikan podcast Anda untuk menyebarkannya.Salah satu cara untuk melakukannya adalah melalui blog dan saluran media sosial Anda.
Cara lain untuk mempromosikannya adalah dengan tampil sebagai tamu di podcast orang lain. Sama seperti blog tamu, Anda perlu memastikan bahwa podcast itu memiliki reputasi dan relevan untuk bisnis Anda.
Anda harus mematuhi jadwal. Anda tahu saat Anda menonton episode dari serial TV hebat dan kemudian Anda terus memeriksa untuk melihat apakah episode baru telah ditambahkan?
Dua minggu berlalu dan tidak ada apa-apa. Dan kemudian Anda berhenti memeriksa dan melupakannya begitu saja.
Sama halnya dengan podcast. Pendengar Anda mengharapkan podcast baru setiap minggu atau secara berkala.
Anda tidak akan memiliki kesempatan untuk mengembangkan dan mempertahankan penonton jika Anda tidak menyampaikannya.
Ini bisa sulit untuk bisnis kecil dengan waktu dan sumber daya terbatas karena bisa memakan waktu berjam-jam untuk meneliti, mendaftar, dan merilis podcast.
Selain itu, waktu yang diperlukan untuk mempromosikannya di blog Anda dan berbagai jaringan sosial yang Anda buka.
Anda membutuhkan peralatan. Untuk menghasilkan podcast berkualitas, Anda memerlukan mikrofon serta perangkat lunak pengedit audio (dan keahlian untuk menggunakannya).
Anda dapat mempelajari cara melakukannya sendiri, atau Anda dapat melakukan outsourcing pengeditan ke freelancer atau perusahaan pengedit audio, tergantung pada kebutuhan dan anggaran Anda.
Kesimpulan
Blogging, vlogging, dan podcasting semuanya dapat membantu menginformasikan dan menghibur audiens Anda, dan untuk membangun bisnis Anda.Mereka semua kuat. Semuanya berharga. Masing-masing memiliki peran uniknya sendiri.Tetapi jika waktu dan sumber daya Anda terbatas dan Anda perlu memilih satu atau dua, pilih salah satu yang paling masuk akal untuk bisnis kecil Anda, berdasarkan metrik, demografi pasar, dan apa yang Anda jual.
0 comments:
Posting Komentar