Cara Meningkatkan Minat Baca Siswa

Posted by Akkuang Blog on 13 Agu 2023

Daftar Isi [Tampil]
Mendorong siswa untuk membaca untuk kesenangan.

Siswa akan lebih termotivasi untuk membaca jika mereka tahu guru senang melakukan hal yang sama. Jadi jika Anda menghabiskan beberapa jam dalam mata pelajaran Anda pergi ke perpustakaan, membaca buku tentang suatu mata pelajaran, dan mendiskusikannya bersama antara siswa dan guru[1], tidak mengapa.


Cara meningkatkan minat baca siswa selanjutnya adalah dengan menciptakan suasana yang menyenangkan, terutama di perpustakaan yang membuat siswa merasa betah. Kesan saya selama ini, perpustakaan adalah tempat yang membosankan. Sebaiknya pihak sekolah menciptakan dan menciptakan suasana yang menyenangkan bagi siswa agar mereka senang dan nyaman berada di perpustakaan [1].



Membantu siswa memahami manfaat membaca.

Membaca mempunyai banyak sekali manfaat, di antaranya mendapatkan informasi, juga memperluas wawasan. Sayangnya, minat membaca pelajar masa kini terbilang cukup memprihatinkan. Oleh karena itu, bapak/ibu guru wajib memotivasi para siswa untuk gemar membaca sejak dini. Menumbuhkan minat baca memang susah-susah gampang. Namun jika bapak/ibu melakukan cara yang tepat, maka semua bisa ditangani. Berikut Ruangguru.com berikan 10 cara menyenangkan untuk meningkatkan minat baca pada siswa[2].


Buku adalah jendela pengetahuan. Siswa yang rajin membaca buku tentu saja punya peluang lebih besar untuk sukses di bidang akademik. Tidak hanya menambah pengetahuan, kebiasaan membaca buku dapat meningkatkan konsentrasi siswa saat belajar, melatih kerja otak dan meningkatkan kemampuan berbahasa siswa[3].



Bantu siswa menemukan strategi membaca yang cocok untuk mereka.

Untuk itu, selain memberikan buku-buku bermutu lintas topik dan genre, cobalah ajarkan dengan benar cara membaca buku yang baik. Misalkan : menemukan informasi spesifik yang bermanfaat ataupun merangkum hal-hal penting yang ada di buku. Selain itu cobalah, jika usia mereka sudah memungkinkan, untuk menguji setiap informasi dan 'fakta' yang mereka temukan dari bahan belajar mereka[4].


Jangan pernah lengah. Pastikan Anda sendiri sudah membaca atau setidaknya tahu bahan bacaan seperti apa yang akan diberikan pada anak atau siswa Anda. Ini termasuk buku-buku yang ada di perpustakaan atau di ruang keluarga yang bisa mereka ambil untuk kemudian dibaca secara mandiri[4].



Referensi

1. Cara Meningkatkan Minat Baca Siswa yang Paling Efektif.https://www.smadwiwarna.sch.id/cara-meningkatkan-minat-baca-siswa/ Diakses 2023-03-05
2. Minat Membaca Siswa Rendah? Inilah 10 Strategi yang Harus Guru Lakukan.https://www.ruangguru.com/blog/minat-membaca-siswa-rendah Diakses 2023-03-05
3. Cara Guru dan Orang Tua Meningkatkan Minat Baca Siswa.https://acerforeducation.id/edukasi/minat-baca/ Diakses 2023-03-05
4. 31 Strategi Untuk Meningkatkan Minat Baca Anak - Esai Edukasi.https://www.esaiedukasi.com/2021/06/meningkatkan-minat-baca.html Diakses 2023-03-05

Previous
« Prev Post

Related Posts

18.30

0 comments:

Posting Komentar