Tantangan Pembelajaran Inovatif di Indonesia

Posted by Akkuang Blog on 20 Agu 2020

Daftar Isi [Tampil]

 



Seperti yang kita ketahui, zaman sudah berkembang begitu pesatnya, utamanya ilmu pengetahuan dan teknologi. Perubahan tersebut memberikan tantangan baru yang tidak mudah. Tantangan-tantangan zaman yang baru ini membawa perubahan yang mendorong adanya gejolak, ketidakpastian, kompleksitas, dan ketidakjelasan. Keempat tantangan tersebut harus dihadapi dengan bijak oleh setiap bangsa dan negara, termasuk Indonesia.

Untuk menghadapi tantangan tersebut dibutuhkan sumber daya manusia yang unggul. Sumber daya manusia yang dibutuhkan adalah manusia-manusia yang memiliki: komunikasi yang mumpuni baik komunikasi antar individu maupun dengan kelompok; keterampilan untuk berkolaborasi dengan siapapun untuk mencapai tujuan bersama; keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah yang baik agar terbangun keterampilan kreativitas dan inovasi.

Puncak dari keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap manusia unggul adalah adanya inovasi. Inovasi tersebut tentunya untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan perdamaian dunia. Akan tetapi, untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Berbagai stake-holder perlu dipersiapkan, termasuk sekolah atau dunia pendidikan. Sekolah menjadi garda terdepan dalam mengembangkan keterampilan-keterampilan peserta didik. Akan tetapi, dalam mewujudkan keterampilan tersebut, perlu adanya terobosan baru, yaitu dengan menerapkan metode pembelajaran seperti:

1. Pembelajaran STEAM
2. Pembelajaran Neurosains
3. Pembelajaran Digital
4. Pembelajaran Blended Learning

Previous
« Prev Post

Related Posts

20.14

0 comments:

Posting Komentar